PENDAKIAN GUNUNG SESEAN

Akhirnya ada waktu ngeposting lagi ner, cuman apa yang bisa saya bagi kali ini, mungkin sedikit cerita pengalaman saat di Toraja bisa jadi refrensi untuk di simak.
    
          Kabupaten Tana Toraja adalah kabupaten di Provinsi Sulawesi SelatanDaerah ini merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan, selain proses pemakaman masyarakat setempat yang menjadi tujuan destinasi wisatawan, terdapat pula ritual adat seperti Ma'pasilaga dan tinggoro' tedong.  Bukan hanya itu, Toraja juga terkenal dengan pemandangan alam pegunungannnya. Seperti yang akan saya ceritakan kali ini yaitu perndakian ke gunung Sesean. Meskipun tebilang memiliki ketinggian yang kurang mencakar langit namun pemandangan yang di sajikan di puncaknya sungguh tidak ada duanya.

Desa Batutumongan
Permandian Tilanga
Saya dan beberapa rekan memang sudah merencanakan keberangkatang ke Tana Toraja Sejak november 2014, tapi pada akhir januari 2015-lah kami bisa berangkat, itupun hanya dengan budget seadanya dikarenakan keberangkatan yang begitu mendadak akibat jadwal libur kampus yang sedikit.Tanggal 31 Januari 2015 sekitar pukul 09:00 WITA kami berangkat meninggalkan kota Makassar Menuju Kabupaten Tana Toraja, Kami menempuh perjalanan dengan mengendarai sepeda motor selama 7 jam yang memang sedikit agak lama dikarenakan kami harus beristirahat beberapa kali di perjalanan. dan akhirnya warna indah cayahaya senja menyambut kami memasuki Kabupaten Tana Toraja, dan tibalah kami di Makale yaitu Ibukota Kabupaten Tana Toraja. Kami tinggal di rumah salah satu kelurga teman kami di sekitaran Kampus UKI(Universitas Kristen Indonesia) Toraja, yang berhadapan langsung dengan kolam di tengah kota. Sekilas tampak seperti kota rio de Janioero Brazil saat kita memandangi kota Makale dari rumah warga yang kami tempati menginap. Untuk ke Sesean terlebih dahulu kita menuju ke desa Batutumongan yaitu desa dimana kami mulai perjalanan pendakian kami. Jalur pendakian yang kami lewati tidak lah terlalu sulit jadi rute ini sagat cocok bagi pemula yang ingin merasakan mendaki gunung. Mungkin cuma butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan kita bisa sampai ke puncak, ya namanya juga sesean, kalau mau yang menantang ayo coba ke Latimojong. Bukan cuma pendakian sesean yang kami lakukan, karena masih banyak juga destinasi perjalanan di sana yang sangat bagus seperti permandian Tilanga untuk yang ingin ke toraja jalan-jalan tolong jaga kerbersihannya ya.. apakaaaaahhh! sorry lagi malas nulis.
Newest
Previous
Next Post »